Apa Itu Commercial Invoice

Apa Itu Commercial Invoice? Fungsi, Struktur & Cara Membuat

Diposting pada

Apa Itu Commercial Invoice – Mungkin beberapa dari kalian yang sering melakukan bisnis ekspor dan impor sudah tidak asing lagi dengan pentingnya commercial invoice. Dokumen tersebut, dapat melancarkan transaksi dengan detail barang, nilai dan informasi lainnya.

Lantas apa itu commercial Invoice? Tanpa adanya dokumen ini maka proses distribusi barang tidak bisa berjalan dengan lancar dan terhambat. Sebab, beberapa negara mempunyai peraturan serta ketentuan yang berlaku untuk memasarkan produk atau dagangan masuk ke dalam wilayahnya.

Meskipun begitu, tidak sedikit pebisnis baru yang ingin menggeluti distribusi internasional belum mengerti dan mengetahui apa itu commercial invoice. Padahal, dokumen tersebut sangat berpengaruh terhadap perusahaan guna memperkuat bisnis di pasar global. Maka dari itu, penting untuk mengerti serta memahaminya guna mendukung kelancaran usaha pemasaran produk kalian.

Jika, kalian tertarik untuk mengetahui apa itu commercial invoice. Pada kesempatan ini kami akan membahas informasinya secara lengkap dan detail, untuk lebih jelasnya silakan simak sampai selesai ulasan berikut agar mengerti akan faktur komersial dalam dunia perdagangan internasional.

Pengertian Commercial Invoice

Sudah sedikit disinggung di awal bahwasanya apa itu commercial invoice merupakan dokumen penting guna mendukung distribusi barang dalam kaca internasional berjalan lancar tanpa hambatan. Oleh karena itu, penting diketahui bagi pebisnis sebelum memasuki rantai perdagangan global.

Berdasarkan definisi para ahli bisnis, commercial invoce adalah nota perincian berisi tentang keterangan harga, jumlah barang serta total harus dibayar oleh pihak pembeli. Adapun yang menyebutkan bahwa dokumen tersebut sebagai faktur konsuler karena digunakan dalam kegiatan perdagangan internasional atau ekspor impor.

Dalam faktur konsuler atau komersial itu, kalian harus mendapatkan persetujuan dari perwakilan negara bagian impor seperti kedutaan besar negara dan kantor konsuler. Commecial invoice ditujukan kepada pembeli serta dibuat oleh penjual dengan mencantumkan alamat tujuan kemudian ditandatangani oleh pihak berwenang.

Selain itu, informasi lainnya yang perlu diperhatikan adalah nomor kontainer, nama pesawat atau kapal serta tempat muat atau pengumpulan barang. Sehingga, pembeli tidak kebingungan saat ingin mengambil produk pesanan.

Terdapat satu jenis invoice lain yaitu proforma, dimana merupakan dokumen bersifat sementara sebelum penjual mengirim pesanan. Artinya, jika pihak pembeli telah mendapatkan semua barangnya maka penjual dapat memberikan commercial invoice guna menggantikan proforma.

Fungsi Commercial Invoice

Setelah mengerti akan apa itu commercial invoice, selanjutnya kalian memahami apa saja fungsinya. Dimana, dokumen tersebut dapat dimanfaatkan dalam aktivitas perdagangan ekspor impor agar bisnis berjalan dengan baik. Berikut adalah berbagai fungsi commercial invoice penting kalian ketahui.

1. Acuan Perhitungan Pajak

Fungsi pertama commercial invoice yakni adalah sebagai acuan perhitungan pajak. Dimana, pajak juga termasuk dalam faktur perdagangan internasional.

2. Dokumen Pengiriman Barang

Fungsi selanjutnya adalah sebagai dokumen pengiriman barang. Maka dari itu, distributor harus membuat berkas secara lengkap dan benar supaya pengecekan produk pada bea cukai berjalan lancar.

3. Acuan Petugas Bea Cukai

Apa itu saja fungsi dari commercial invoice? Tentu tidak, karena berkas tersebut juga berfungsi sebagai acuan petugas bea cukai dimana akan memeriksa paket penjual. Dimana beberapa ketentuan berlaku untuk pengiriman internasional, jika terpenuhi maka proses pengecekan tidak berlangsung lama.

4. Dokumen Izin Ekspor Impor

Fungsi terakhir commercial invoice yaitu sebagai izin ekspor impor barang digunakan untuk kegiatan valuta asing. Pada negara pembeli, dokumen tersebut berguna untuk menilai bea masuk pajak.

Oleh karena itu, sebelum kalian melengkapi faktur komersial kami sarankan melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada orang terpercaya guna mengetahui persyaratan khusus di negara tujuan.

Struktur Commercial Invoice

Setiap perusahaan pastinya mempunyai format atau struktur dokumen faktur berbeda. Biasanya, isi dari berkas itu disesuaikan kembali dengan kebutuhan pengiriman. Dimana, komponen wajib dicantumkan ke dalam suatu faktur sebagai berikut.

  • Nomor tanggal dari berkas.
  • Nama pembeli atau pihak¬†consignee.
  • Nama produk.
  • Harga per unit berdasarkan pcs, cbm, kgm, atau dozen.
  • Seluruh harga total.
  • Metode penyerahan pesanan, baik CIF, FOB, atau CNF.
  • Nomor kontainer, nama pesawat atau kapal di lokasi muat serta bongkar paket.

Secara rinci, suatu invoice harus mempunyai kandungan informasi terkait identitas, logo, nama ataupun kontak perusahaan. Selain itu, melampirkan nomor faktur agar memudahkan pelacakan tanggal jatuh tempo pembayaran tanggal faktur dikeluarkan.

Cara Membuat Commercial Invoice

Setelah mengetahui apa itu faktur komersial, fungsi serta struker tentunya akan lebih afdol jika memahami cara membuatnya. Dimana, prosedur membangun faktur tersebut berdasarkan strukur yang sudah kami sebutkan tadi. Tidak perlu berlama-lama berikut adalah cara membuat commercial invoice.

  • Guna mempermudah proses cara membuat kalian bisa download contoh faktur ekspor maupun impor di berbagai situs online terpercaya.
  • Kemudian, edit dengan input data penjual, detail bisnis berupa nama perusahaan, alamat, nomor telepon serta alamat email.
  • Menetapkan nomor unik pada invoice seperti #001, #002 dan seterusnya.
  • Mencantumkan nomor customer service untuk pihak pembeli. Hal ini berguna untuk antisipasi jika terjadi kendala dalam proses pengiriman serta bisa menghubungi kontak tersebut.
  • Jabarkan secara rinci ketentuan penjualan pada informasi mengenai kewajiban, risiko juga tarif disepakati.
  • Lampirkan jenis mata uang sesuai kesepakatan kedua belah pihak pada faktur komersial.
  • Berikutnya, cantumkan juga metode pengiriman, kuantitas, deskprisi, jumlah dan berat pesanan.
  • Langkah terakhir silakan muat daftar harga, tandai setiap produk dengan detail biaya lain-lain seperti asuransi transport.

Akhir Kata

Dengan pembahasan di atas, dapat disimpulkan apa itu commercial invoice adalah sebuah dokumen penting guna mendukung proses perdagangan internasional. Mungkin itu saja, informasi yang dapat www.masojol.com bagikan semoga bisa menambah ilmu serta wawasan terkait berkas penting tersebut.

Sumber gambar: Google

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *